TARBIYYAH

TARBIYAH
Oleh: Mirza Fahmi

Berbicara usia. Sangat tepat bila diusia kita yang menginjak dewasa ini, yaitu usia remaja perlu bagi kita untuk menghiasi diri dengan adanya sebuah pendidikan yang tertanam dalam setiap pribadi seorang remaja. Bahkan tidak boleh bagi kita untuk merasa cukup dengan apa yang telah kita miliki. Merasa cukup dengan ilmu yang telah kita dapat adalah hal yang keliru,  akan tetapi seharusnya kita senantiasa merasa haus, merasa kurang akan ilmu, yang dari rasa itu akan  menjadikan diri kita untuk selalu semangat dalam mencari ilmu,. Ilmu apa saja,. Baik ilmu umum dan terlebih ilmu agama,.
Karena jika kita mengingat pesan Nabi “Tuntutlah ilmu kalian semua mulai dari ayunan hingga liang lahat”, yang artinya kita diperintahkan oleh Baginda Nabi untuk senantiasa mencari ilmu mulai dari kita lahir hingga ajal menjemput kita semua.
Perlu bagi kita sebagai generasi muda sekaligus generasi penerus perjuangan umat yaitu untuk senantiasa membentengi diri supaya tidak terpengaruhi dengan adanya perubahan zaman. Akan tetapi, kita sebagai generasi muda yang seharusnya mempengaruhi perubahan zaman tersebut.
Sebuah anugerah bagi kita semua, kita tahu bawasannya di Alanwar kita bukan hanya saja diajari bagaimana cara bertutur kata yang runtut sesuai dengan bicaranya seorang ahli filsafat atau lainnya, tapi kita diajari pula bagaimana caranya menghadapi masalah yang semakin hari semakin rumit dengan berbagai masalah yang berbeda-beda penyelesaiannya.
            Dengan tarbiyah kita dilatih, dengan tarbiyah pula kita diajari bagaimana caranya belajar yang benar, bagaimana caranya diskusi yang benar dan yang terpenting , yaitu bagaimana caranya mengamalkan ilmu kita selepas kita lulus dari Perguruan Tinggi.
            Karena kita harus ingat bawasannya  dengan lingkungan yang baik seperti inilah dapat menimbulkan kepribadian yang baik pula. Karena sedikit atau banyak sangatlah berpengaruh terhadap pola fikir dan perilaku seorang remaja.  Maka darinya Beliau Syeikhina Abdul Ghofur MZ, Beliau pernah dawuh, “Bawasannya kita baik bukan karena diri kita baik, tapi kita baik karena lingkungan kita yang baik”. Maka dari itu kita sebagai mahasiswa yang terdidik, maka alangkah indahnya apabila kita senantiasa berusaha untuk memanfaatkan waktu yang ada untuk segala kegiatan yang positif. Karena sangat disayangkan sekali apabila sarana dan fasilitas yang telah ada ini tidak kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

            Salam dari kami temen-temen PGMI IA : “Jangan pernah menunggu bahagia untuk tersenyum, tetapi tersenyumlah untuk bahagia”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEKANISME LOMBA PUISI DAN CERPEN SEINDONESIA

DIMENSI KEMUKJIZATAN AL-QUR’AN

ASLI: PENGUMUMAN LOMBA PUISI DAN CERPEN